Selasa, 22 Mei 2012

Obyek Wisata Kabupaten Kolaka

PERMANDIAN ALAM TAMBORASI
Terletak di Desa Tamborasi Kecamatan Wolo di sebelah Utara Kota Kolaka dengan jarak 80 Km dapat ditempuh dengan kendaraan darat 1 sampai 2 jam juga dapat ditempuh dengan kendaraan Laut. Pantai Tamborasi mempunyai daya Tarik tersendiri dengan julukan sungai terpendek di Dunia dengan panjang 20 M dan lebar 15 M serta pemandangan yang sejuk dan airnya mempunyai dua macam yakni hangat dan dingin, sehingga pengunjung betah jadinya apalagi dengan pasir putih disepanjang pesisir pantai yang sangat menajubkan setiap pengunjung baik wisnus dan wisman. Di sebelah barat Tamborasi terdapat Gunung yang menyimpan kekayaan alam dengan adanya Batu Marmer sepanjang jalan menuju Pantai Tamborasi.


PERMANDIAN PANTAI HARAPAN
Selain Pantai Tamborasi kolaka yang terlatak dikecamatan Wolo perbatasan Kolaka Utara, yang menjadi objek wisata warga Kolaka, kini juga hadir pantai harapan yang berada di kompleks PT Antam Pomalaa.
Setiap akhir pekan atau hari libur, pantai harapan Pomalaa yang tercipta atas hasil karya perusahaan tambang PT Antam Tbk ini menjadi favorit warga kolaka. 
Letaknya yang dekat bahkan berada ditengah kompleks PT Antam Pomalaa, membuat warga Kolaka dan sekitarnya memilih pantai harapan sebagai tempat rekreasi keluarga.  Apalagi, untuk masuk kepantai harapan tidak dipungut biaya satu sen pun.
Nuansa kenyamanan dan ketertiban juga sangat dirasakan oleh pengunjung yang berwisata kesana, sebab pihak perusahaan antam tidak hanya membangun kolam renang tetapi, juga melengkapi dengan segala fasilitas bersantai seperti tribun, pondokan untuk melangsungkan acara, fasilitas kamar mandi dan WC serta kamar ganti pakaian.
Kebersihan pantai juga sangat terjaga, tidak ada sampah yang berserakan sebab selain disediakan tempat pembuangan sampah, setiap saat pengelola juga memonitor sampah buangan.
Menjelang magrib, pengunjung akan disuguhkan dengan keindahan pemandangan sunset yang terbenam keperaduannya

OBJEK WISATA ULUNGGOLAKA
Wisata Alam Mangolo dikenal dengan Air Panasnya yang terletak di Ulunggolaka Kelurahan Mangolo Kecamatan Kolaka, disebelah utara Ibu Kota Kolaka diperkirakan 12 Km dan dapat dijangkau dengan kendaraan. Lokasi Air Panas Daerah Wisata ini mempunyai keunikan yang sangat menarik yakni, terdapat tebing-tebing Batu, terdapat Gua-gua Telaga. Daerah ini sangat ideal sekali untuk dijadikan tempat Rekreasi dan Hobby Kemping ke Puncak Gunung karena keadaan Alam dan Panorama yang begitu Indah dan Sejuk yang belum disentuh dengan tangan-tangan terampil masih keadaan asli. 


OBJEK WISATA GOA FIRDAUS
Terletak diketinggian kurang lebih 200 mdpl Goa firdaus merupakan salah satu obyek wisata petualangan yang ada di lokasi taman wisata air panas Ulunggolaka, menurut para tokoh masyarakat yang tinggal didaerah tersebut Goa ini dulunya adalah tempat penyimpanan pusaka serta harta benda kerajaan dan hingga kini masih dipercaya oleh masyarakat setempat Goa ini mempunyai tujuh (7) tingkatan dan hanya orang yang bersih hatinya sampai pada tingkatan ke tujuh. diatas mulut Goa tumbuh pohon beringin yang sangat besar dan akarnya menembus sampai dinding Goa, belum lagi kedalaman Goa yang di penuhi oleh kelelawar yang bersarang di dalamnya.


OBJEK WISATA PANTAI PITURA
Daerah wisata Pantai Pitura yang terletak di Kecamatan Watubangga, berjarak sekitar 75 Km dari ibu kota Kabupaten Kolaka, merupakan sebuah obyek wisata pantai yang memiliki pemandangan laut yang indah. Obyek wisata ini, tidak jauh dari poros jalan sehingga sangat mudah untuk didapati, tempat wisata pitura ini, sangat menjanjikan sebab selain pemandangannya yang indah juga dihiasi sejumlah tanaman bunga-bungaan dan pepohonan seperti pinus, sehingga memberi nuansa keteduhan.

OBJEK WISATA TANJUNG KAYU ANGIN
Daerah wisata yang lagi dikembangkan adalah obyek wisata alam tanjung kayu angin merupakan sebuah tanjung yang memiliki pemandangan laut yang indah karena posisinya yang strategis dekat dengan pulau-pulau kecil di sekitarnya dgn pantai pasir putih, dengan kondisi alam yang masih bersih dan terletak sekitar 25 km dari kota Kolaka.


OBJEK WISATA BURU
Kawasan Wisata Mata Usu adalah Wisata Buru terletak di Desa Kukutio Kecamatan Watubangga yaitu disebelah Selatan Ibu Kota Kabupaten Kolaka dengan jarak kurang lebih 80 Km dari Kota Kolaka, yang ditempuh dengan kendaraan darat kurang lebih 2,5 jam. Dimana kawsasan tersebut dengan keadaan alam yang cukup dingin dipagi hari kawassan ini sangat potensial dikembangkan sebagai objek Wisata Buru, dan juga terdapat Satwa Langka : Rusa, Babi, dan binatang lainnya, guna mengembangkan wisata berburu utamanya Wisatawan yang Hobby dibidang otomotif generasi muda dapat menyalurkan bakat latihan Rotres dan Relli Mobil. Karena keadaan jalan yang berliku-liku dibawah bukit pegunungan yang sangat indah panoramanya sebagai objek Wisata Buru dan Otomotif juga sangat potensial dikunjungi para Wisatawan untuk beristrahat sambil menikmati pemandangan indah. Objek ini telah dilengkapi fasilitas akomodasi dan fasilitas lainnya.
Semoga tulisan ini bisa bermanfaat bagi anda dan terkhusus saudara-saudaraku yang ada di kabupaten kolaka, semoga bisa menjaga kelestariannya dan yang paling penting adalah tidak menjadikan obyek wisata tersebut sebagai tempat untuk bermaksiat kepada Allah. Karena sebagaimana yang dikatakan oleh alim ulama, tidak sepantasnya menggunakan nikmat-nikmat Allah untuk bermaksiat kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala

1 komentar:

  1. Buy Titanium Dive Knife - Titanium Girls
    The Classic Shaving Handmade titan metal Blade is made by Daiwa Shaving Co., with stainless steel t fal titanium handles, the keith titanium blades for sale at best prices.The Classic Shaving Handmade Blade titanium carabiners is made by titanium frames Daiwa

    BalasHapus